Home → Apa Itu Inbound Link dan Outbound Link

Diposkan oleh On January 11, 2017 with 7 comments

Apa Itu Inbound Link dan Outbound Link - Inbound Link dan Outbound Link kedua istilah tersebut pasti akan kita dengar ketika kita sedang belajar mengenai SEO. Hal ini karena inbound dan outbound link perlu diperhatikan untuk menjaga kualitas situs web kita. Banyak cara untuk mendapatkan inbound link dan menghindari outbound link, mengapa keduanya bertolak ? Inbound link harus kita cari, sedangkan outbound link harus kita hindari.

Menjaga kestabilan dari kedua hal tersebut memang tidak begitu sulit karena banyak cara yang bisa kita lakukan, namun hal ini tetap diperlukan usaha yang keras agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu inbound link yang dapat membantu kita meningkatkan atau mempertahankan posisi konten kita di SERP atau hasil penelusuran. Sedangkan untuk outbound link perlu kita hindari, hal ini untuk menghindari adanya link yang rusak atau broken link.

Baca Juga : Cara Cek Broken Link dan Memperbaikinya

Inbound link dan outbount link minimal harus bisa kita seimbangkan, bahkan kalau bisa inbound link lebih di priotitaskan dibandingkan outbound link. Nah, bagi Anda yang mungkin masih belum paham mengenai inbound link dan outbound link silahkan untuk membaca pengertiannya dibawah ini.
Apa Itu Inbound Link dan Outbound Link

Apa Itu Inbound Link ?

Inbound Link adalah link yang berasal dari situs lain yang mengarah atau mengacu ke situs Anda. Inbound link juga bisa di artikan sebagai link yang masuk ke situs kita. Kemungkinan besar inbound link ini akan menghasilkan sebuah backlink, oleh karena itu kita perlu mencari inbound link sebanyak mungkin.

Bagaimana Cara Mendapatkan Inbound Link ?

Untuk mendapatkan inbound link salah satu caranya yaitu dengan menambah backlink ke halaman web Anda, selain itu Anda juga bisa membagikan link konten Anda ke berbagai sosial media, forum, ataupun dengan cara blogwalking.

Apa Itu Outbound Link ?

Outbound Link adalah link yang berasal dari situs Anda yang mengarah atau mengacu ke situs lain. Outbound link juga bisa di artikan sebagai link yang keluar dari situs kita. Kemungkinan besar outbound link ini bisa menjadi backlink untuk situs lain, tetapi ini perlu kita perhatikan karena link atau URL situs lain yang berada pada situs web kita suatu saat atau kemungkinan bisa saja link tersebut rusak sehingga mengakibatkan adanya broken link pada situs kita.

Bagaimana Cara Menghindari Outbound Link ?

Meminimalisir outbound link sangatlah diperlukan, namun jika Anda perlu menautkan link tersebut maka gunakanlah kode perintah rel='nofollow' pada link tersebut. Selain itu Anda bisa dengan cara menampilkan link yang tidak aktif seperti berikut misalnya.
http://www.kreasikan.com
Dari kedua hal tersebut perlu Anda perhatikan dengan baik, jangan sampai hanya karena link masuk (inbound link) dan link keluar (outbound link) kualitas SEO dan Pagerank yang dimiliki situs Anda menurun. Untuk mencegah hal itu terjadi Anda perlu memeriksanya setiap saat terutama outbound link yang ada pada situs Anda.

7 Komentar Untuk "Apa Itu Inbound Link dan Outbound Link"

Aku menerapkan semua metode seperti yang terjabar pada artikel diatas.
Resiko outbound link, kalau istilahnya link luar, adalah link yang kita tuju itu rusak, entah sudah tidak diperpanjang atau tutup. Akan berdampak pula pada artikel yang kita buat. Kalau dengan link mati, terasa kurang menarik juga. Ya, sama-sama repotnya sebenarnya. Tapi itulah resikonya.

iya kang, makanya harus di cek secara rutin ya

Tambahan info yang Kang...
Untuk para pengguna WordPress bisa install broken link, karena dia akan mengecek secara otomatis link-link yang sudah rusak atau broken...
Makasih Kang... :D

di blogku lebih banyak outbound ketimbang inbound linknya, harus banyak share link jadinya :D

oh wordpress ada ya plugin buat cek broken linknya, makasih tambahannya ya kang

wah, cari backlink yang banyak mas biar seimbang keduanya

Trims, info dan tipsnya , sob

1. Jangan menaruh link aktif maupun non aktif
2. Jangan promosi dalam bentuk apapun
3. Jangan menggunakan kata-kata yang tidak pantas

Terimakasih atas komentar Anda di "Apa Itu Inbound Link dan Outbound Link"